Tuesday, December 26, 2017

This is My Android



Mungkin bagi seseorang hal ini sangat membodohkan untuk mengkoleksi handphone - handphone ini, tetapi bagi gua adalah sebuah inspirasi dimana gua dapat mengetahui masa-masanya android masih berjaya di dunia digital ini. Ini adalah koleksi android gua ketika duduk di bangku SMP hingga Perkuliahan :
Ø  Nexian Journey A890
Yaps, ini dia sang jagoan android gua ketika masuk sekolah menengah. Ini merupakan android versi pertama untuk memasuki pasar teknologi di Indonesia ini. Bodynya yang begitu sangat mungil yang dibekali dengan ukuran 4.0 inch. Nexi Journey ini masih dibekali Android 1.6 (Donut) dan mendapatkan upgrade OS hingga versi 2.1 (Eclair), mungkin versi ini sudah jarang sekali untuk ditemukan di era ponsel masa kini, Makanya dari itu pun saya masih menyimpannya.  Tetapi HP ini telah menemukan ajalnya, HP ini mengalami mati total dan tidak akan pernah menyala lagi. Nexian Journey adalah Snapdragon pertama yang saya pakai dengan jenis Qualcomm MSM7227  atau Snapdragon S1 dengan ukuran daya 600 MHz, dan dibekali storage yang cukup dibilang sangat kecil kisaran 256 MB untuk ROM dan 512 MB untuk RAM. HP ini masih menggunakan sebuah tombol trackball untuk membuka menu Home seperti yang ada pada Blackberry pada waktu itu.

Ø  Smartfern Andromax I
Ini dia sang jagoan internet bulanan yang sangat murah pada waktu itu. Yang kisaran 50 Ribu Rupiah bisa untuk unlimited internet selama sebulan. Mungkin dari penjualan kartu perdananya kurang laku, maka Smartfren mengeluarkan HP ini. Ketika HP ini diluncurkan pada counter center Smartfren, banyak sekali orang-orang memburunya HP ini, sehingga saya harus beli di counter lain. Andromax ini dibekali dengan chipset Snapdragon MSM8625 dengan Dual-Core 1 GHz. HP ini dibekali storage dengan 4 GB untuk ROM dan 512 MB untuk RAM. HP ini dibekali OS Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich), HP ini merupakan HP yang bisa menembus stabilitas internet mencapi 3.5 atau EVDO. HP ini sempat saya utak-atik atau dalam istilah saya flash ROM menjadi Samsung Galaxy S4. Jarang sekali orang yang melakukan flash ROM seperti ini. 

Ø  K-Touch W700
Yuuhuu, akhirnya gua bisa ngerasain namanya grafik Nvidia pada HP ini. Mungkin banyak orang tidak mengetahui bahwa Nvidia tidak hanya bekerja sama dengan perusahaan laptop untuk grafik resolusinya, tetapi bekerja sama dengan perusahaan HP ini. Yaps, K-Touch W700 dibekali dengan processor Nvidia Tegra 2, dan masih dibekali dengan OS Android 2.2 (Froyo), tetapi mendapatkan update mencapai versi 2.3 (Gingerbread). HP ini dibekali dengan storage yang cukup besar untuk ROM-nya kisaran 8 GB, dan RAM-nya pun masih standar  untuk HP masa-masa itu yaitu 1 GB saja

Ø  Lenovo A800
Yaps, ini dia jagoan gua waktu SMA. HP yang dibekali dengan ukuran layar 5.0 inch ini merupakan HP yang dapat dibilang ukuran layar terbesar waktu itu. Jarang sekali HP dengan ukuran layar seperti ini. HP ini dibekali dengan sebuah chipset processor dari perusahaan processor Mediatek. Entah mengapa Lenovo ini memilih processor yang cukup dibilang panas / sering overheat ketika pemakaian dalam bermain game. A800 ini masih dibekali dengan Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich), dan mendapatkan update hingga versi 4.1 (Jelly Bean). HP ini dibekali dengan chipset MTK MT6577TT dengan Dual-Core 1.7 GHz, dengan GPU PowerVR SGX531. HP ini hampir sama untuk penyimpanannya seperti Andromax.

Ø  Lenovo P70
Nah, ini dia jagoan gua terakhir si Leny P70. Entah kenapa tiba-tiba tertarik saja dengan handphone ini dan ketika melihat HP ini saya sontak untuk membelinya. HP ini hampir sama seperti HP ane waktu dulu masih dibekali chip processor yang sama dengan Lenovo saya yang dulu. P70 ini menggunakan chipset MTK MT6752 dengan CPU Octa-Core 1.7 GHz, dan GPU Mali T760MP2. P70 ini dibekali dengan storage yang cukup besar kisaran 16 GB untuk ROM dan 2 GB untuk RAM. P70 ini masih menggunakan Android versi 4.4 (Kitkat), dan mendapatkan update pada OS menjadi Android 5.1 (Lollipop). P70 ini memiliki baterai yang cukup besar di kaum P-Series lainnya, memiliki baterai dengan ukuran 4000 mAh, tetapi baterai ini sudah memasuki generasi sekarang yaitu Non-Removable, yang berarti baterai tersebut tidak bisa dicabut ketika lagi error HPnya. Bagi saya Leny ini sangat tangguh melawan masalah yang ada padanya. Tetapi umurnya pun sudah semakin tua, HP ini tidak tangguh seperti masa lalu itu. Sering sekali force close pada setiap aplikasi yang ane buka, dan sering sekali blank untuk kembali ke menu Home.


Itu saja mungkin yang gua ketahui dari spesifikasi kenangan HP ini. Mungkin dari para readers ingin menambahkan, silahkan. Mohon maaf apabila ada penulisan salah kata pada penulisan... Thank you for the reading... Bye...

0 comments:

Post a Comment